24 Maret 2016

Selamat datang dunia nyata - "Pasca wisuda mau jadi apa?"

WOY!!!
Astaghfirulloh udah ngajak ribut haha
Seperti biasa gua lagi pingin memposting artikel yang kesekian kalinya diblog gua, kok di blog gua sendiri sih?? yaiya lahh, kalau mau gua posting artikel di blog loe hubungi aja twitter @andri_yantomi untuk harga bisa diatur. :D

Image by : Tomi Jorney
Wisuda merupakan dambaan setiap mahasiswa /i yang sedang menjalankan perkuliahan. Betapa tidak, wisuda merupakan wujud hasil jerih payah dan usaha mahasiswa setelah bertahun - tahun bergelut dengan buku.

Namun unik nya, ceremonial yang dirayakan hanya 1 hari setelah diperjuangkan selama 4 tahun (plus plus) itu memiliki dampak mungkin seumur hidup untuk kita. Siapkah kita menghadapinya?
mengapa semua pada melirik gua??!? hahaha tanya pada diri masing - masing.

Siap tidak siap ini telah terjadi, tidak bisa kita hindari. lalu, apa yang akan kamu lakukan ketika lulus kuliah? kamu mulai memasuki dunia yang sesungguhnya dunia nyata dimana hanya "kamu" yang pantas menjadi pemimpin untuk diri mu sendiri. akan seperti apa kamu besok itu tergantung dari apa yang kamu rencanakan kemari dan kamu lakukan hari ini.

Mari kita sama - sama belajar dan berbagi, karena gua juga bingung. setelah lulus kuliah mau ngapain? hahaha. yuk kita hadapi dunia nyata ini dengan sungguh-sungguh agar bisa menjadi manusia yang berguna bagi nusa bangsa agama dan keluarga amin. "pok..pok..pok give aplouse for me!! trimakasih terimakasih! maaf merepotkan.

Sebelum orang lain bertanya, tanyakan dahulu pada diri sendiri :

Apa yang kamu rencanakan?

-Bekerja?
Setiap orang mendambakan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan yang diinginkan, namun kenyataan nya terkadang tidak berjalan sesuai harapan. tidak usah malu atau gengsi menjalankan pekerjaan yang memang bukan bakat kita. 

Ketika telah berkali-kali mencari pekerjaan yang sesuai harapan namun gagal, ambil apapun yang mempunyai peluang untuk menerima mu, jika kamu tidak menemukan pekerjaan yang sesuai bakat maka bakatilah pekerjaan mu.

-Membuka usaha?
Apa persamaan cewek yang loe dambakan sama perusahaan yang loe inginkan? gak ada bedanya bro  "Sama-sama MENOLAK loe dengan sadis!!" :D
ketika pekerjaan yang diinginkan tak kunjung menghampiri, terkadang kita ingin membuka usaha sendiri, bisnis gitu lah pokok nya.

Namun terkadang permasalahan yang muncul ya itu-itu saja. seperti : Gak punya modal, gak tau mau bisnis apaan, kurang PD mau berbisnis.
oke kita bahas satu persatu ya.

Modal- jawab dengan tegas, berapa modal yang loe butuhkan?? 1juta? 2juta? lebih? kurang? gua nanya doang bukan mau minjemin
Terkadang banyak orang yang diawal berniat bisnis bingung dan tidak bisa menjelaskan secara detil tentang rencana bisnis nya namun telah mengeluh tidak memiliki modal. 

Rencana begini, konsep nya seperti ini, modal awal yang saya butuhkan 2,5 juta. nah jika begitukan jelas. dimanakah mencari 2,5 juta? cari lah rekan bisnis / partner yang memiliki modal 2,5juta atau tidak carilah pinjaman uang 2,5 juta. 

Cari pinjaman 2,5 juta tidak semulus kita meminta uang keorang tua pas masa kuliah, terkadang menemukan orang yg benar murni meminjamkan sudah jarang ada. untuk itu perhitungkanlah dampak baik buruk nya jika terjebak pada rentenir.

Sebaiknya pakailah opsi pertama. cari partner bisnis. bentuk kerjasama nya bisa kalian sepakati. yang satu menyumbang uang yang satu menyumbang tenaga hasil bisnis dibagi dua.

bagaimana mencari partner bisnis yang pas?
pertama - tama jujur pada diri sendiri kenali kembali diri mu. apa yang menjadi kelebihan maupun kekurangan mu jika sudah carilah partner yang bisa menutupi kekurangan mu dan kelebihan yang kamu punya bisa menutupi kekurangannya.
  • kamu ahli diadministrasi dan mengelola uang? carilah partner yang ahli dibidang marketing dan memiliki kenalan banyak orang. 
  • kamu memiliki konsep namun tidak memiliki modal carilah partner yang memiliki modal.
  • kamu memiliki pekerjaan sampingan dan memiliki sedikit waktu carilah partner yang memiliki banyak waktu luang.
  • juga sebalik nya.
Ingatlah, partner bisnis berbeda dengan sahabat baik kita. bahkan ada yang berkata "uang tak mengenal saudara" takut ditipu? selidiki dulu track record calon partner kita, kenali teman-teman baik nya. jika sudah memiliki kenyamanan antara kau dan dia ajaklah ngopi dan katakan terus terang "Jangan Ada Sianida diantara Kita"

Bingung Bisnis Apa- Kamu mau bisnis tapi masih bingung ingin menjalani bisnis apaan? astagaa, kita sama. jika kamu masih bingung temuilah orang-orang yang telah mempunyai bisnis, ngobrol dengannya jadilah wartawan otodidak. tapi saya tidak tau dimana berjumpa orang yang sudah berbisnis? kamu bisa berkumpul pada komunitas bisnis/pengusaha, seminar-seminar bisnis, siapapun yang memiliki usaha baik kecil maupun besar bisa dikatakan pebisnis.

jika ngobrol dengan satu orang tidak cukup untuk membuka ide - ide mu ngobrollah lebih banyak lagi dengan siapa saja, nanti ide itu akan muncul. terkadang ide itu muncul disaat yang tak terduga. entah kamu sedang sarapan, nonton tv, dikamar mandi. namun ketika kamu sedang tidur itu bukan ide itu mimpi. :D
intinya perbanyak komunikasi dan silaturahmi perluas pergaulan dan temui orang-orang baru.
"Barang siapa ingin dipanjangkan usianya dan dibanyakkan rizekinya, hendaklah ia menyambung tali persaudaraan (silaturahmi). HR Bukhari-Muslim.

Kurang Percaya Diri Berbisnis- oke bro, jangan dipaksakan, ini manusiawi. cari kerja saja ya. tapi jika ingin memiliki bisnis sampingan diluar jam kerja, lakukan lah. bangun networking lewat komunitas dan lain sebagainya, gunakanlah waktu luang mu sebaik-baiknya.

Mengapa kamu kerja di perusahaan itu?

Jika kamu sudah mulai bekerja, namun pekerjaan mu tidak terlalu besar tidak sesuai dengan ijasah mu, katakan saja peda mereka yang meragukan mu bahwa ini adalah karir yang inin kamu miliki. tekunilah jadikan batu loncatan menuju jenjang karir yang lebih besar.

Kapan kamu menikah?

Usia kamu masih muda, banyak hal yang belum kamu lakukan. kamu bisa menikmati dulu hidup dan karirmu. jika belum siap jangan lakukan jangan biarkan orang tua serta olokan teman menekan mu.

Namun bagi yang sudah siap menikah. luarbiasa, ini tipe orang pengguna otak kanan. anda Pemberani BRooo!! saya tidak bisa berkomentar apa-apa. intinya jika kamu sudah siap menihah muda bearti sudah berani hadapi resiko apapun dan berani bertanggung jawab bukan hanya pada diri sendiri tetapi terhadap istri juga keluarga yang mulai dibangun.

Apakah kamu berniat melanjutkan S-2?

wah luar biasa, terus terang saya pun iri melihat teman - teman yang bisa melanjutkan pendidikan pasca sarjana. namun untuk yang sedang berusaha mencari pekerjaan, pendidikan S-2 bukan lagi prioritas utama. tetapi harus ditanamkan dalam diri sendiri bahwa bukan sesuatu yang mustahil jika suatu saat nanti kita akan meneruskan pendidikan S-2.

Mengapa kamu kembali kerumah?

Jika pekerjaan yang diinginkan tak kunjung tiba, ide berbisnis pun tak jua menghampiri rumah adalah dermaga terakhir untuk kau kembali.

mengapa harus malu pulang kerumah? bukan kah kita bisa lebih dekat dengan orang tua, burkumpul kembali dengan saudara. tidak masalah jika masih tinggal dengan orang tua. bantu mereka, jika orang tua berbisnis bantu usahanya untuk lebih berkembang, jika bertani bantu agar tenaga mereka sedikit ringan. semua bisa dilakukan. 
"gengsi dan malu itu hanya ada dalam sebuah ruangan yang bernama pikiran, jangan biarkan mereka lama terkurung disitu. keluarkan lah."  :)

Sudah siapkah kamu dengan dunia nyata?

Butuh kesiapan yang benar-benar matang untuk menjalani kehidupan setelah lulus kuliah. mungkin kamu belum siap sepenuhnya, tapi yakin lah kamu akan menemukan bagian - bagian terbaik dalam hidup mu saat menjalaninya.

teruslah mencoba, ketika gagal pelajarilah, pahami apa penyebab yang dapat membuat kamu gagal agar tidak diulangi kesalahan yang sama. mendapatkan ilmu baru bukan lah sebuah kegagalan.
(Tomi Journey, Meret 2016)
Thanks for read my article, see u next time.









Artikel Terkait: