13 Januari 2015

Presiden Pertama Singapura Adalah Orang Indonesia

Presiden Pertama Singapura Adalah Orang Indonesia

Assalamualaikum wr wb,
apa kabar sahabat blogger, semoga kalian semua senantiasa sehat dan selalu dalam lindungan allah, amin yarobbal alamiin, pada kesempatan kali ini gua akan membagi fakta-fakta sejarah yang mungkin ada dari sebagian sobat belum mengetahuinya.

okee langsung simakkkkk gannn. haha

Jika Presiden Indonesia berasal dari Indonesia, itu merupakan hal yang wajar dan lumrah tentunya. Namun, jika orang Indonesia menjadi Presiden di negri lain, itu ialah hal yang luar biasa. Tapi, ini memang benar, dari FAKTA yang ada.

Yusuf bin Ishak adalah pria yang lahir pada 12 Agustus 1910 di Padang Gajah, Trong, sekitar 18 km dari Taiping, Perak. Beliau merupakan anak sulung dari sembilan bersaudara. Yusuf bin Ishak menjadi presiden pertama Singapura sekaligus presiden satu-satunya hingga kini yang berasal dari keturunan Melayu. Ayah beliau adalah orang Minangkabau sedangkan ibunya dari Langkat Sumatra Utara. Ayahnya yang bernama Ishak Bin Akhmad, beliau adalah Direktur Bertindak Perikanan, Straits Settlements dan Negara Federasi Melayu.

Yusof menerima pendidikan awal di sekolah Melayu di Kuala Kurau, Perak. Ia kemudian dipindahkan ke Sekolah Melayu di Taiping Pada tahun 1921, ia memulai Studi Bahasa Inggris nya di King Edward VII Sekolah, Taiping. Ketika ayah nya telah pindah ke Singapura pada tahun 1923, Yusof didampingi orang tuanya dan belajar di bekas Sekolah Jembatan Victoria sampai dengan Desember 1923.

Pada 3 Desember 1959, Yusof dilantik sebagai kepala negara (Yang di-Pertuan Negara) Singapura. Ia merupakan warga negara Singapura yang pertama kali memegang jabatan tersebut. Pada 9 Agustus 1965, tatkala Singapura keluar dari Federasi Malaysia dan merdeka, status beliau berubah menjadi presiden negara kepulauan tersebut hingga tahun 1970, ketika Yusof meninggal. Wajah Yusof diabadikan pada pecahan-pecahan uang kertas Singapura.

Andai saja beliau masih hidup dan masih menjabat, akan menjadi moment yang sangat menarik untuk diliput ketika beliau melakukan kunjungan ke Indonesia. atau mungkin pertemuan yang dihadiri olehnya, Barrack Obama, dan Joko widodo, perbincangan pun akan semakin seru dan panjang karena ketiga kepala negara ini dengan asiknya berbincang menggunakan bahasa Indonesia. :D



Sumber : Wikipedia.org
Jangan Cuma Dibaca ya, Tinggalkan Komentar Disini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar